Apa Yang Dimaksud Dengan Revolusi Industri 4.0? - IQ Nesia Zone

Apa Itu Revolusi Industri 4.0?- IQ Nesia Zone

IQ Nesia Zone - Akhir-akhir ini kita dikejutkan dengan datangnya fenomena revolusi industri 4.0 yang saat ini menjadi trending topik pembicaraan banyak orang. Dengan datangnya revolusi industri 4.0 membuat banyak perubahan dalam segi perkembangan teknologi dan informasi yang terjadi di Indonesia. Jadi, sekarang kita harus bisa memanfaatkan fenomena revolusi industri 4.0.

Walaupun saat ini menjadi perbincangan banyak orang tetap saja ada orang yang belum paham dan mengerti mengenai industri 4.0. Nah, disini kami akan membahas apa itu industri 4.0 agar bagi kalian yang belum paham apa itu industri 4.0 bisa tahu mengenai revolusi baru ini.

Apa itu revolusi industri 4.0?

Sebelum kita membahas industri 4.0 lebih baiknya kita terlebih dahulu membahas secara detail di setiap revolusi industri sehingga kita bisa benar-benar paham tentang revousi industri saat ini.

Revolusi Industri 1.0

Revolusi ini merupakan industri pertama yang menemukan mesin uap dalam proses produksi barang. Sebelum ditemukannya mesin uap, pada industri ini hanya mengandalkan tenaga otot, tenaga air, dan tenaga angin untuk menggerakkan apapun.

Revolusi Industri 2.0

Pada revolusi ini terjadi di awal abad ke-20 dan semua produksi sudah menggunakan mesin. Tenaga otot sudah digantikan mesin uap dan saat ini mesin uap sudah digantikan tenaga listrik. Namun, proses produksi di pabrik masih kalah jauh dengan produksi pabrik modern seperti, transportasi. Saat itu mobil sudah mulai diproduksi ssecara masal pada akhir 1800-an. Namun, perakitan saat itu mulai dari awal hingga akhir di titik yang sama.

Revolusi Industri 3.0

Sebelum revolusi industri 3.0, manusia tetap menjadi bagian penting dalam produksi barang-barang. Namun, industri 3.0 mengubah semuanya. Industri 1.0 masih menggunakan mesin uap dan Industri 2.0 diganti menggunakan ban berjalan dan listrik, sedangkan pada industri 3.0 sudah menggunakan mesin bergerak yang dapat berpikir secara otomatis, seperti komputer dan robot. Dengan adanya revolusi ini, pelan-pelan abad industri berakhir dan abad informasi pun mulai.

Nah, dari penjelasan ketiga revolusi itu saatnya kita membahas apa itu revolusi industri 4.0 yang mungkin sudah kalian nantikan. 

Revolusi Industri 4.0

Fenomena revolusi industri 4.0 merupakan revolusi yang menggabungkan antara teknologi cyber dan teknologi otomatisasi. Dalam penerapannya, pada industri ini berpusat pada konsep  otomatisasi yang dilakukan oleh teknologi tanpa memerlukan tenaga manusia dalam penggunaannya.

Menurut Wikipedia, Industri 4.0 merupakan sebuah nama tren otomasi dan pertukaran data terkini dalam teknologi pabrik saat ini. Industri ini mencakup beberapa sistem siber-fisik, internet, komputasi awan dan komputasi kognitif.

Revolusi Industri 4.0 menghasilkan sebuah “pabrik cerdas” yang memiliki struktur moduler. Setiap sistem di Industri 4.0 memiliki tugas atau fungsi masing-masing. Pada sistem siber-fisik berfungsi mengawasi proses fisik, menciptakan salinan dunia berbentuk fisik secara virtual dan membuat keputusan yang tidak berpusat.

Sistem siber-fisik melalui Internet (IoT) digunakan untuk berkomunikasi dan bekerja sama secara bersamaan dengan satu sama lain. Sedangkan layanan internal dan lintas organisasi melalui Komputasi Awan sudah disediakan dan siap dimanfaatkan oleh berbagai pihak.

Copyright © 2020 Iqnesiazone.com
Klik untuk melihat daftar meteri!