Mengatasi Aplikasi Android Tidak Bisa Diinstal di OS Tizen - Tips & Trik

Sebenarnya tidak semua aplikasi android bisa di instal di smartphone Tizen dengan menggunakan emulator ACL for Tizen. Terutama pada Samsung Z1, Samsung Z2 dan Samsung Z3. Karena, jika dilihat dari spesifikasi smartphone Tizen akan menjadi berat jika aplikasi ACL for Tizen diaktifkan.
Hal itu dikarenakan, RAM dan Prosesor akan dibagi menjadi 2. Yaitu untuk OS Tizen dan untuk OS Android pada emulator. Sehingga kinerja smartphone Tizen akan cenderung semakin lambat dan bahkan aplikasi ACL For Tizen akan terpental keluar.

Baca juga: Membuat Tampilan Android di Tizen OS

Nah... oleh karena itulah smartphone Tizen tidak akan mampu untuk mengistal aplikasi yang memiliki spesifikasi yang tinggi. Kecuali jika smartphone Tizen nya mempunyai spesifikasi yang tinggi pula.
Tapi kenapa ya, aplikasi seperti aplikasi Play Store tidak bisa teristal atau tidak tampil di tampilan laucher atau home page di Android? Padahal spesifikasi aplikasi tersebut rendah.
Jawabannya simpel. Karena aplikasi tersebut perlu untuk di instal di folder system pada folder root android.
Sebenarnya ada 2 cara untuk mengistal aplikasi android yang tidak bisa terinstal hp Tizen. Yang pertama dengan cara mengaktifkan Enable Unknown Sources. Dan yang kedua adalah dengan cara meletakkan file apk yang akan di instal di folder system.
Untuk cara pertama yaitu dengan mengaktifkan Enable Unknown Sources. Setelah aktif anda hanya tinggal mengistal aplikasi (misalnya PlayStore.apk) dengan aplikasi UC Mini, Shareit atau sebagainya.
Cara yang kedua yaitu dengan cara mengcopy paste aplikasi PlayStore.apk ke folder system menggunakan aplikasi UC Mini. Yaitu dengan cara:
  1. Buka UC Mini dan cari aplikasi PlayStore.apk di dalam folder anda.
  2. Pilih Copy / Salin.
  3. Klik folder Back hingga terlihat folder .PrivateStorage. Terus klik folder apps > ACL111OMWW > data > android > system. Disini anda telah masuk ke folder system.
  4. Setelah itu anda akan menemukan folder app di dalam folder system tersebut. Anda hanya perlu memasukkan aplikasinya ke dalam folder app tersebut. Dan aplikasi akan otomatis terinstal.
Kedua cara di atas merupakan alternatif lain untuk mengatasi aplikasi android yang tidak bisa diinstal di OS Tizen.
Selamat mencoba!
Copyright © 2020 Iqnesiazone.com
Klik untuk melihat daftar meteri!