Apa itu Mikrotik? Penjelasan Lengkap Mikrotik | Teknologi & Informasi

Sebenarnya apasih yang dimaksud dengan Mikrotik? Apakah mikrotik itu sebuah perangkat atau sebuah system operasi?
Untuk mengatahui jawabannya, mari kita simak penjelasannya di artikel kali ini.

Apa Itu Mikrotik?

Secara umum, mikrotik merupakan sebuah sistem operasi atau perangkat lunak yang bisa digunakan untuk menjadikan sebuah PC atau komputer untuk router network yang handal. Di dalam routernya, PC juga bisa mencangkup banyak fitur unggulan seperti IP Network jaringan wireless, provider warnet, dan hotspot.
Jadi, mikrotik benar-benar membantu para penggunanya. Mikrotik memang didesain khusus untuk memudahkan berbagai keperluan jaringan komputer. Sebut saja seperti merancang dan juga membangun sebuah sistem jaringan komputer skala kecil hingga kompleks.
Usaha warnet kebanyakan menggunakan mikrotik untuk routernya. Hasilnya, tidak sedikit dari pengusaha tersebut merasa puas dengan kinerja dari mikrotik.

Sejarah Mikrotik

Logo Mikrotik
Sejarah Mikrotik dimulai pada tahun 1996, setelah John dan Arnis memulai membentuk Mikrotik dengan sistem Linux dan MS DOS. Mereka mengkombinasi kedua software tersebut dengan teknologi Wireless LAN (W-LAN) Aeronet yang memiliki kecepatan hingga 2Mbps di Moldova.
Ketika mereka sampai di Latvia, mereka mulai melayani lima pelanggannya. Mereka memiliki keinginan kuat untuk membuat perangkat lunak Router yang handal dan dapat disebarkan ke seluruh dunia. Versi Linux yang pertama kali di gunakan oleh John dan Arnis adalah Linux versi Kernel 2.2.
Mereka berdua mengembangkan versi Linux tersebut dengan dibantu oleh 5 hingga 15 orang staf R&D, sehingga sekarang Mikrotik sudah mendominasi dunia Routing untuk negara-negara berkembang. Sejak awal, Mikrotik hanya fokus untuk perusahaan jasa layanan internet (PJI) atau Internet Service Provider (ISP) yang melayani jasa servis kepada pelanggannya dengan memakai teknologi wireless atau nirkabel.
Dalam sejarah Mikrotik, awalnya John dan Arnis (sang pendiri) hanya ingin membangun software untuk Routing, sementara kebutuhan akan perangkat keras juga terus berkembang. Oleh karena itu, akhirnya mereka membuat berbagai perangkat keras yang berhubungan dengan software yang kemudian mereka kembangkan lebih lanjut.
Sejarah Mikrotik di Indonesia pada saat itu pemakaian antena omni di dunia W-LAN sangat tidak dianjurkan, karena sangat berpotensi terhadap berbagai gangguan. Hingga pada akhirnya, kepopuleran mikrotik menyebar juga di tanah air Indonesia.
Mikrotik untuk pertama kalinya masuk ke Indonesia pada tahun 2001, yaitu di Yogyakarta melalui Citraweb oleh Valens Riyadi dengan kawan-kawannya. Kemudian terus meluas menjadi sebuah solusi murah untuk membangun ISP, terutama yang berbasis W-LAN.

Apa Fungsi Mikrotik?

Jika ditanya fungsi tentu akan banyak sekali. Untuk itu, kami berikan 6 fungsi utama pada Mikrotik:
  1. Fungsi mikrotik yang pertama yaitu untuk memblokir situs-situs yang mengandung konten terlarang menggunakan proxy di mikrotik sehingga mendukung program pemerintah berupa penggunaan internet positif.
  2. Mikrotik berfungsi untuk pengaturan dan konfigurasi LAN menggunakan PC Mikrotik Router OS beserta perangkat keras yang sangat rendah.
  3. Fungsi mikrotik selanjutnya adalah adanya pengaturan jaringan internet yang dapat dilakukan secara terpusat sehingga memudahkan admin dalam mengelola.
  4. Dapat digunakan sebagai billing hotspot yang mempermudah konfigurasi dan pembagian bandwidth pada jaringan.
  5. Dapat digunakan untuk pembuatan PPPoE Server.
  6. Mampu memisahkan bandwidth traffic internasional dan lokal.

Jenis–Jenis Mikrotik

Adapun jenis-jenis mikrotik diantaranya yaitu:
  1. Mikrotik Router OS
    Mikrotik Router OS ialah sebuah sistem operasi jaringan berbasis UNIX yang memungkinkan untuk bisa menjadikan komputer biasa mempunyai kemampuan seperti halnya router, firewall, bridge, hotspot, proxy server dan lain sebagainya. Sistem operasi ini sangat ringan dan hanya membutuhkan spesifikasi perangkat keras yang rendah untuk bisa menjalankannya.
    Untuk itu banyak orang menggunakan sistem operasi ini untuk membangun router pada jaringan mereka kestabilan dan kemudahan yang ditawarkan oleh mikrotik router OS membuat banyak perusahan-perusahaan besar dan lembaga pendidikan berbasis networking menggunakan mikrotik sebagai dasar dan standar untuk router. Nah, berikut ini kelebihan yang ditawarkan oleh mikrotik Router OS.
    • Mikrotik Router OS mampu merubah komputer biasa “PC” sebagai router yang handal dan berkualitas.
    • Berbasis linux sehingga sangat ringan untuk digunakan.
    • Diinstall sebagai sistem operasi.
    • Biasanya diinstall pada power PC.
  2. Built in Hardware Mikrotik
    Merupakan Mikrotik dalam bentuk perangkat keras yang khusus dikemas dalam board router yang di dalamnya sudah terinstal Mikrotik RouterOS. Untuk versi ini, lisensi sudah termasuk dalam harga router board Mikrotik. Contoh Mikrotik dalam bentuk perangkat keras adalah RouterBoard 433 2 Access Point Indoor.

Kelebihan dan Kekurangan Mikrotik

  1. Kelebihan Mikrotik
    • Harga yang cukup terjangkau.
    • User friendly.
    • Mudah penggunannya.
    • Banyak fitur-fitur menarik.
    • Dapat berperans sebagai router.
    • Mikrotik juga sudah bisa mendeteksi berbagai macam ethernet card dari berbagai vendor yang ada.
  2. Kekurangan Mikrotik
    Mikrotik belum mampu menangani sebuah jaringan internet yang berskala besar. Karena sertifikasi yang dikeluarkan merupakan sertifikasi standar. Tidak seperti halnya cisco yang sertifikasinya diakui oleh internasional. Inilah yang menjadikan mikrotik mempunyai kekurangan.

Manfaat Mikrotik

  1. Mikrotik bisa anda gunakan sebagai routing
    Mikrotik bisa dijadikan sebagia penghubung untuk jaringan. Yang membuatnya jauh lebih efektif adalah karena mikrotik memiliki kemampuan untuk menghubungkan perangkat bisa lebih dari satu jaringan.
    Selain itu, anda bisa memilih jalur yang dianggap paling optimal untuk bisa menuju ke perangkat komputer anda. Hal ini akan menjadi salah satu alasan utama jasa setting akhirnya lebih memilih mikrotik sebagai penghubungnya.
  2. Anda bisa menggunakan Acces Point
    Selain bisa anda gunakan sebagai penghubung yang bisa memberikan kinerja yang maksimal. Mikrotik juga bisa digunakan sebagai accses point yang sangat handal untuk jaringan Wifi. Hal ini dikarenakan miktotik sendiri dilengkapi dengan interface wireless yang setidaknya memiliki cangkupan luas. Jadi sangat tidak heran jika ada banyak pihak dari penyedia jasa mikrotik saat ini banyak dicari.
  3. Anda bisa menggukana Mikrotik sebagai Internet Gateway LAN
    Untuk LAN yang memiliki jaringan lokal, sebenarnya bisa bekerja dengan lebih maksimal jika anda menggunakan mikrotik yang profesional untuk bisa menjadi media jaringannya. Dimana Miktrotik sendiri bisa anda fungsikan sebagai gateway untuk jaringan lokal. Sehingga bisa anda hubungkan dengan banyak jaringan lokal sehingga bisa dihubungkan dengan internet dengan jangkauan yang luas.

Bagaimana Cara Kerja Mikrotik?

Program Mikrotik dapat di install di PC dengan menggunakan beberapa cara, yaitu:
  1. ISO Image; menggunakan Compact Disc (CD) instalasi. Silakan download file berekstensi. ISO yang tersedia dan kita harus burning ke dalam media CD atau Mini CD kosong.
  2. NetInstall; melalui jaringan komputer (LAN) dengan Satu Disket, atau menggunakan Ethernet yang mendukung proses menyalakan komputer (booting) komputer melalui Ethernet Card. NetInstall dapat dilakukan pada sistem operasi Windows 95/98/NT4/2000/XP.
  3. Mikrotik Disk Maker; membutuhkan beberapa buah disket ukuran 3,5″ yang nantinya akan disalin pada harddisk saat instalasi dilakukan. Dengan menggunakan tools FloppyMaker.exe.
Setelah pada tahap persiapan dengan memahai konsep dan topologi Jaringan Mikrotik yang akan kita bangun, maka cara memasaknya adalah sebagai berikut:
  1. Pertama adalah melakukan setting Modem ADSL sebagai Bridge.
  2. Siapkan sebuah PC dengan 2 buah LAN Card dan di install Mikrotik.
  3. Setelah Installasi selesai, Reboot PC Router kita lalu akses ke Mikrotik denganWinbox. Selanjutnya kedua Interface kita ganti nama menjadi LAN dan SPEEDY. Tujuannya adalah untuk memudahkan identifikasi kita sehingga tidak terjadi salah setting interface.
  4. Setting IP Address untuk LAN: 192.168.88.251/24 dan IP Addess interfaceSpeedy: 192.168.10/24.
  5. Selanjutnya kita setting IP DNS dengan IP DNS Speedy: 202.134.1.10 dan202.134.0.155. Caranya masuk ke menu “IP” lalu pilih “DNS“.
  6. Langkah selanjutnya adalah membuat Interface PPPoE Client. Caranya klik menu Interface, pada simbol plus kita klik dan pilih “PPPoE Client”. Disini kita juga memasukkan Username dan Password Speedy yang telah kita punya. Pada Option “General“, cukup menentukan interface yang 1 jalur dengan Modem ADSL. Untuk nama dan type-nya pake default-nya saja sudah cukup Jangan lupa untuk menentukan Interface yang mengarah ke modem ADSL, yaitu interface yang telah kita beri nama “SPEEDY“. Lalu selanjutnya klik tab “Dial Out” dan masukkanUsername + Password Account Speedy kita Selain melalui Winbox, kita juga bisa memasukkan Username dan Password Speedy ini lewatWebBox.
  7. Apabila kita telah selesai melakukan setting PPPoE Client maka begitu selesai setting Mikrotik langsung melakukan DialUp ke Modem ADSL kita. Jika setting Username dan Password ini benar maka selanjutnya akan tampak status koneksi Mikrotik kita dan pada menu IP -> Address akan muncul sebuat IP Address baru berupa IP Public (125.164.75.150 ) yang diberikan Telkom Speedy kepada pelanggan berdasarkan Username & Password yang kita miliki.
  8. Selanjutnya kita atur NAT (Network Address Translation) agar Client dapat terkoneksi ke Internet atau dapat mengakses internet. Caranya masuk ke menu -> IP -> Firewall -> NAT.
  9. Kita buat 1 buah NAT Rule, pada “General” -> Chain = srcnat, ->OutInterface = pppoe out1. Lalu pada option “Action” kita pilih -> Masquarade. Selain setting dari Console atau dari Winbox, kita juga bisa melakukan setting NAT ini dariWebBox (kalo menurut saya sich ini buat Newbie Mikrotik lebih mudah daripada setting dariWinbox). Caranya: Pilih Public Interface = pppoe out1 lalu centang NAT trus klik “Apply“.
  10. Selanjutnya kita tambahkan 1 buah IP Route. Perhatikan pada sebelah IP Address dari IP Public dibawah ini yaitu: Network = 125.164.72.1. Nah, IP Network ini adalah IP Gateway Telkom Speedy yang melayani koneksi kita. Tambahkan 1 buah New Route,Destination : 0.0.0.0/0 lalu Gateway = 125.164.72.1
  11. Sampai sini setting Mikrotik Router kita telah selesai. Tinggal test ping koneksi dari Mikrotik kita. Lakukan test ke IP DNS Speedy: 202.134.1.0 dilanjutkan test ping ke yahoo.com maupun ke websites yang lain. Jika ada reply maka Mikrotik kita telah berhasil / telah sukses kita konfigurasi.
  12. Langkah ini kita lakukan pada PC Client. IP Mikrotik interface ke LAN merupakan IP Gateway untuk PC Client kita. IP DNS pada Client dapat kita masukkan IP DNS Speedy secara langsung maupun IP DNS dari Mikrotik (karena kita telah setting Mikrotik menjadi DNS Relay pada langkah kelima dari tutorial ini). sampai sini Mikrotik kita telah berfungsi sebagai Router dan sharing akses internet untuk semua Client yang lain telah dapat difungsikan. Nah, tahap selanjutnya yang harus kita lakukan adalah Bandwith Manajemen atau mengatur bandwith yang tepat untuk semua Client sehingga jika ada Client yang melakukan download mengunakan software Downloader dapat di kendalikan atau di kontrol sehingga bandwith kita tidak dihabiskannya sendiri dan akses internet client yang lain tidak menjadi lemot.

Istilah–Istilah dalam Mikrotik

Berikut ini adalah istilah yang sering muncul menu-menu Mikrotik:
  1. System, paket yang wajib diinstal karena merupakan inti dari Mikrotik.
  2. PPP (Point to Point Protocol), merupakan paket yang memuat protokol PPP. Paket ini diperlukan untuk fitur komunikasi serial dengan menggunakan PPP, ISDN PPP, L2TP, dan PPTP serta komunikasi PPP on Ethernet(PPPoE). Paket PPP digunakan untuk komunikasi Wide Area Network dengan menggunakan komunikasi serial mode asyncronous maupun mode synchronous.
  3. DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol), paket yang memuat fitur DHCP baik yang diperlukan untuk menjadi client maupun server.
  4. Advanced–tools, memuat fitur e-mail client, ping, netwatch, traceroute, bandwidth tester, traffic monitoring, mrtg, dan utility yang lain, yang sering diperlukan untuk mengetahui kondisi router maupun jaringan. Fitur Netwatch merupakan salah satu fitur yang memungkinkan Mikrotik menjadi lebih pintar dan dapat memilih konfigurasi berdasarkan script (urutan perintah) sesuai kondisi jaringan (netwatch).
  5. Arlan, merupakan dukungan mikrotik untuk penggunaan card ISA arlan 655 Wireless Interface agar dapat secara transparan berkomunikasi dengan lawannya.
  6. GPS mikrotik dapat menggunakan penerima Global Poasitioning System(GPS) sebagai referensi waktu Network Time Protokol (NTP) dan lokasi.
  7. Hotspot digunakan untuk melakukan authentication, authorization dan accounting pengguna yang melakukan access jaringan melalui gerbang hotspot. Pengguna hotspot sebelum melakukan access jaringan perlu melakukan authentication melalui web browser baik dengan protokol http maupun https (secure http).
  8. ISDN, mikrotik router dapat berfungsi sebagai ISDN client maupun server. Fungsi dial- up dapat diatur secara permanen ataupun dial-on- demand. IP address yang diberikan ISP dapat digunakan sebagai default route table.
  9. LCD, digunakan untuk menampilkan informasi kondisi sistem mikrotik melalui layer LCD mini yang tersambung ke paralel ataupun USB.
  10. NTP (Network Time Protocol), digunakan untuk menyelaraskan sistem waktu komputer dalam jaringan.
  11. Radio LAN, mikrotik mendukung penggunaan wireless radio LAN.
  12. Router Board, digunakan untuk mendukung penggunaan mikrotik pada papan rangkaian khusus. Papan rangkaian khusus tersebut pada dasarnya merupakan computer minimum (tanpa harddisk controller, vga dan sound) dengan kartu jaringan, catu daya lebih sederhana( cukup + 12 VDC) dan performa yang sangat minimum. Router board yag dapat digunakan mikrotik adalah router board 200 dan 500.
  13. Routing diperlukan jika jaringan menggunakan routing dynamic. Mikrotik dapat menggunakan RIP, OSPF, maupun BGP versi 4.
  14. Security berisikan dukungan untuk keamanan komunikasi. Paket ini diperlukan oleh mikrotik untuk menjalankan IP security (IP Sec), Secure Shell, dan untuk menjalankan Win Box pada mode aman (secure).
  15. Telepony, berguna untuk mengatur layanan komunikasi dengan menggunakan Voice Over IP (VoIP). Paket ini selain memberikan fungsi gatekeeper juga mendukung penggunaan beberpa hardware VoIP terpasng pada Mikrotik Router OS.
  16. UPS, fitur ini memudahkan administrator memonitor dan mengamankan router dari kerusakan akibat gangguan catu daya. Untuk melakukan pengamanan tersebut router akan selalu memonitor kondisi baterai UPS saat catu daya utama tidak terdsedia. Jika kondisi baterai UPS dibawah 10% maka fitur ini memerintahkan rauter telah pada kondisi hibernate dan siap untuk kembali aktif saat catu daya utama kembali.
  17. Mikrotik web proxy, dalam saat yang bersamaan dapat difungsikan sebagai proxy HTTP normal maupun transparant.

Fitur-Fitur dalam Mikrotik

Berikut merupakan beberapa fitur yang disediakan oleh Mikrotik:
  1. Address List: merupakan kumpulan kelompok IP Address yang berdasarkan nama.
  2. Bridge: seperti namanya yang ini mempunyai fungsi untuk bridge spinning’tree dan multiple bridge interface bisa juga untuk bridging firewalling.
  3. Data Rate Management: merupakan QoS yang memiliki dasar HTB yang menggunakan, burst, PCQ, RED, SFQ, FIFO, CIR, MIR, dan limit antar peer to peer.
  4. Asynchronous: mempunyai dukungan untuk serial PPP dial-in atau dial-out, memiliki otentikasi CHAP, PAP, MSCHAPv1 dan MSCHAPv2, Radius, dial on demand, modem pool hingga 128 ports.
  5. Bonding: mengkombinsaikan beberapa ethernet dalam satu pipa pada koneksi yang sangat cepat. DHCP: support DHCP tiap antarmuka DHCP Relay. DHCP Client, multiple network DHCP. static and dynamic DHCP leases. Monitoring penghitungan: mampu. menghitung Traffic IP, log, statistik graph.
  6. NTP: kepanjangan NTP adalah Network Time Protokol yang berguna didalam server dan clients atau bisa juga untuk mengsinkronisasi menggunakan GPS system.
  7. Poin to Point Tunneling Protocol.
  8. Proxy: kemampuannya untuk Cache FTP dan HTTP proxy server, HTTPS proxy bisa juga untuk transparent proxy DNS dan HTTP, sangat support protokol SOCKS, parent proxy, static DNS.
  9. Routing.
  10. RIP v1/v2,OSPF v2,BGP v4.
  11. SDSL: support Single Line DSL, mampu memutuskan suatu jalur koneksi dan jaringan, artinya kita berkuasa jika kita yang pegang settingan ini.
  12. Simple Tunnel: Ethernet over IP.
  13. SNMP: Simple Network Monitoring Protocol untuk read only.
  14. Firewall dan NAT: support untuk filterisasi koneksi peer to peer, source NAT dan destination NAT. keunggulan nya adalah kemampuannya dalam memfilter berdasarkan: MAC address, IP address, range port, protokol IP, pemilihan opsi protokol seperti ICMP, TCP Flags dan MSS.
  15. Hotspot: bagian ini semua sudah tahu, didalamnya memiliki Hotspot gateway dengan otentikasi RADIUS. support untuk limit data, SSL , dan HTTPS.
  16. IPSec: fitur yang ada adalah:
    • Protokol AH dan ESP untuk IPSec.
    • MODP Diffie Hellmann groups 1,2,5.
    • MD5 dan algoritma SHA1 hashing.
    • Mampu mengalogritma enkirpsi menggunakan DES, 3DES, AES-128, AES-192, AES-256.
    • Perfect Forwarding Secresy (PFS) MODP groups 1, 2,5.
  17. ISDN: support untuk ISDN dial in dan dial out dengan beberapa otentikasi di bawah ini:
    • PAP, CHAP, MSCHAPv1 dan MSCHAPv2, Radius.
    • Supporting 128K bundle, Cisco HDLC, x751, x75ui, x75bui line protokol.
  18. M3P: merupakan MikroTik Protokol Paket Packer yang digunakan dalam wireless links dan ethernet.
  19. MNDP: merupakan MikroTik Discovery Neighbour Protokol, seperti kebanyakan mempunyai dukungan untuk Cisco Discovery Protokol (CDP).
  20. Tool: seperti pada umumnya sebuah router biasa, disini juga dapat test Ping, Trace route, bandwidth test, ping flood, telnet, SSH, packet sniffer, Dinamik DNS update.
  21. VLAN: Mendukung Virtual LAN IEEE 802.1q untuk jaringan ethernet dan wireless; multiple VLAN; dan VLAN bridging.
  22. WinBox: sebuah aplikasi untuk remote dan mengkonfigurasi Mikrotik itu sendiri.
Copyright © 2020 Iqnesiazone.com
Klik untuk melihat daftar meteri!