Apa Saja Yang Bisa Dibuat Dengan HTML? - Belajar HTML

Bagi orang yang baru mengenal dunia pemrograman web, terutama ketika baru mengenal dengan bahasa pemrograman HTML pasti bakal muncul pertanyaan “apa saja yang bisa dibuat dengan HTML?”.
Munculnya pertanyaan itu menandakan awal yang sangat baik. Hal itu menandakan rasa penasaran yang akan mendorong kita untuk melangkah lebih jauh. Dengan ada rasa penasaran, kita akan senantiasa mencari jawaban untuk memuaskan rasa penasaran tersebut.
Jika kalian masih penasaran tentang jawaban dari pertanyaan di atas, kami di sini akan menjelaskannya apa yang bisa dibuat dengan HTML.

Dengan HTML Kita Bisa Membuat Apa Saja?

Pertanyaan yang sangat bagus.
Pada meteri sebelumnya, kita sudah membahas tentang Pengertian HTML. Di sana sudah dijelaskan tantang definisi HTML, kegunaan, fungsi dan cara kerja. Bagi yang masih belum paham bisa membuka materi yang sebelumnya.
Perlu kalian ketahui, hampir sebagian besar yang kalian lihat di dunia maya itu dibangun menggunakan bahasa pemrograman HTML. Dari mulai sebuah website, blog, aplikasi web, sosial media, web video streaming dan lainnya. Bahkan sebuah game ada juga yang dibuat menggunakan HTML.
Jadi bagaimana? HTML hebat bukan?
Namun, untuk membuat itu semua tidak cukup hanya dengan menggunakan HTML. Bahasa pemrograman HTML hanyalah sebagai kerangka saja. Untuk menggerakkan kerangka tersebut diperlukan bahasa pemrograman lain yang dapat berkerja sama dengan HTML. Contohnya adalah JavaScript, CSS, PHP, Pyton dan yang lainnya.
Meskipun hanya sebagai kerangka, HTML memiliki peran yang sangat penting. Tanpa adanya kerangka, mustahil untuk membuat suatu program atau aplikasi terutama dalam segi tampilan sebuah aplikasi atau website. Oleh karena itu, seorang programmer wajib untuk menguasai bahasa pemrograman ini.

Apakah HTML Bisa Berdiri Sendiri?

Tentu saja bisa. Namun tidak bisa semaksimal ketika berkerja sama dengan bahasa pemrograman lain. Begitu juga dengan bahasa pemrograman yang lainnya. Mereka bisa berdiri sendiri namun tidak bisa secara maksimal dalam menggunakannya.
Sebuah website statis yang hanya dibangun dengan HTML adalah contoh dari hal tersebut. Website statis adalah sebuah website yang isi kontennya tidak bisa berubah-ubah. Jika ingin mengubahnya harus mengedit kodenya.
Untuk membuat website yang isi kontennya dapat berubah-ubah (website dinamis) perlu kerja sama dengan bahasa pemrograman lain seperti PHP dan JavaScript.

Kelebihan HTML

  1. Dapat dijalankan di berbagai macam platfrom. Untuk menjalankan HTML diperlukan sebuah Web Browser. Sedangkan sekarang ini sebagian besar platfrom seperti Windows, Linux, Mac, Android, Tizen dan yang lainnya sudah dilengkapi dengan Web Browser. Sehingga menjadikan bahasa pemrograman ini bersifat cross platfrom (lintas platfrom).
  2. Dapat berkerja sama dengan bahasa pemrograman lain. Seperti yang dijelaskan di atas, bahwa HTML bisa berkerja sama dengan bahasa lain untuk memaksimalkan fiturnya.
  3. Bersifat fleksibel. Karena hanya ditulis dengan menggunakan karakter ASCII. Yaitu sebuah kode yang bersifat universal yang digunakan sebagai standar untuk pertukaran informasi atau standar pengkodean huruf dan simbol.

Kekurangan HTML

  1. Bersifat statis. Jika tidak bekerja sama dengan bahasa pemrograman lain, HTML tidak akan bisa menjadi dinamis.
  2. Memiliki tag-tag yang sangat banya. Sekarang HTML sudah memiliki kurang lebih 140 tag yang dapat digunakan. Bagi orang awam akan sangat susah untuk mempelajari semuanya dalam waktu singkat.
  3. Tidak bisa powerful jika hanya berdiri sendiri. Seperti yang telah dijelaskan di atas, HTML akan memiliki fungsi yang sangat powerfull jika berkerja sama dengan bahasa pemrograman lain.
Copyright © 2020 Iqnesiazone.com
Klik untuk melihat daftar meteri!