Tips Memilih Text Editor Terbaik Untuk Pemrograman WEB - Belajar HTML

Dunia programming sangat erat kaitannya dengan Text Editor. Jika diibaratkan, text editor adalah sebuah alat perang untuk memenangkan pertempuran. Jika seorang programmer memilih atau menggunakan text editor yang tepat, hal itu akan sangat membantu dan mempercepat proses pembuatan suatu program.
Kenapa harus memilih text editor?
Dalam pemrograman web (terutama HTML) sangat dianjurkan untuk memilih text editor yang tepat. Memilih text editor yang tepat bisa dilihat dari segi kemudahan, kenyamanan dan fitur yang disediakan. Dengan begitu, proses pembuatan suatu website atau aplikasi web akan lebih cepat dan yang paling penting pengguna selalu nyaman dalam menggunakannya.

Apa Itu Text Editor?

Text Editor merupakan sebuah aplikasi yang digunakan oleh programmer untuk menulis dan menyusun kode-kode (syntax program) sehingga menjadi suatu aplikasi tertentu. Menulis dan menyusun kode program biasanya disebut dengan ngoding. Contoh dari text editor yang sering kita jumpai pada Windows adalah Notepad.
Apakah bisa kita menggunakan aplikasi Notepad untuk ngoding?
Tentu saja bisa. Namun, sangat jarang sekali programmer yang menggunakan aplikasi Notepad bahkan bisa jadi tidak ada. Hal tersebut dikarenakan fitur yang ditawarkan sangat kurang mendukung untuk membuat suatu program.
Terdapat banyak sekali aplikasi text editor yang bisa digunakan untuk pemrograman web. Mulai dari yang ringan sampai yang berat dan dari fitur yang dikhususkan sampai yang mempunyai fitur yang sangat lengkap.
Tentu akan sangat membingungkan jika kita diberi banyak pilihan text editor mana yang akan digunakan. Jadi, di sini kami sudah merangkum beberapa text editor terbaik yang bisa digunakan untuk pemprograman web. Berikut ini adalah beberapa text editor pilihan yang bisa kalian gunakan.

4 Text Editor Terbaik Untuk Pemrograman WEB

1. Notepad++
Notepad++ Logo
Aplikasi ini berbeda dengan aplikasi Notepad yang kita bahas di atas. Notepad++ adalah hasil dari pengembangan aplikasi Notepad yang dikhususkan untuk menulis dan membangun suatu program.
Notepad++ sudah menyediakan banyak fitur yang lebih canggih dan modern. JIka dirasa fiturnya masih kurang, pengguna juga bisa menambahkan fitur dengan plugin yang telah disediakan. Aplikasi ini juga bisa membaca berbagai macam bahasa pemrograman sehingga meningkatkan produktivitas jika pengguna menggunakan beberapa bahasa pemrograman yang berbeda ketika membuat suatu program. Berikut ini adalah tampilan dari aplikasi Notepad++.
Preview Notepad++
Meskipun aplikasi ini memiliki berbagai fitur yang lengkap, namun aplikasi ini sangat ringan ketika dijalankan. Sehingga aplikasi ini cocok digunakan di komputer yang mempunyai spesifikasi rendah. Selain ringan, aplikasi ini juga memiliki lisensi gratis. Jadi kalian tidak perlu membayar untuk menggunakannya.
2. Sublime Text 3
Sublime Text Logo
Sublime Text 3 merupakan sebuah text editor yang paling banyak digunakan oleh para programmer terutama dalam pemrograman web. Aplikasi ini memiliki desain yang elegan, modern dan tentunya sangat nyaman untuk dipandang. Berikut ini preview dari aplikasinya.
Preview Sublime Text
Bagaimana dengan fiturnya?
Aplikasi ini memiliki berbagai macam fitur yang lengkap. Ditambah lagi dengan adanya Packet Control yang menyediakan banyak plugin untuk aplikasi ini sehingga menambah daya tarik tersendiri.
Sublime Text juga mendukung berbagai macam bahasa pemrograman dan bisa digunakan di berbagai macam sistem operasi seperti Windows, Mac dan Linux. Dengan begitu, produktivitas kita akan semakin meningkat jika kita berkerja dengan berpindah-pindah platfrom atau bahasa pemrograman.
Keunggulan dari aplikasi ini adalah sangat cepat ketika dijalankan meskipun menggunakan perangkat dengan resource yang kecil. Jadi, aplikasi ini sangat dianjurkan untuk komputer berspesifikasi rendah.
Bagaimana dengan lisensinya?
Berbeda dengan aplikasi Notepad++, Sublime Text 3 memiliki fitur premium yang bisa didapatkan dengan biaya sekitar $70. Tetapi jangan khawatir, kalian tetap bisa menggunakan aplikasi ini secara gratis.
3. Atom
Atom Logo
Atom merupakan text editor terbaik saat ini. Atom memiliki banyak fitur yang mampu mengalahkan aplikasi Sublime Text 3. Aplikasi ini tersedia diberbagi platfrom seperti Window, Mac dan Linux.
Atom sendiri memiliki desain yang elegan dan menarik. Selain itu, aplikasi ini juga telah mendukung berbagai bahasa pemrograman. Dengan berbagi fiiturnya yang sangat lengkap, aplikasi ini memerlukan perangkat dengan resource yang besar untuk menjalankannya. Oleh kerena itu, aplikasi ini kurang cocok untuk digunakan di komputer dengan spesifikasi yang rendah. Berikut adalah tampilan aplikasinya.
Preview Atom
Untuk masalah lisensi, aplikasi ini bersifat open source atau berlisensi terbuka. Jadi kalian bisa menggunakan aplikasi ini secara gratis.
4. Visual Studio Code
Visual Studio Code Logo
Visual Studio Code adalah text editor terbaik yang mampu bersaing dengan aplikasi Atom. Sama layaknya seperti Atom, aplikasi ini memiliki tampilan yang elegan dan menarik serta ditambah dengan sentuhan ornament yang khas. Berikut ini adalah tampilan dari VS Code.
Preview VS Code
Visual Studio merupakan sebuah text editor open source yang sangat powerful. Fitur dan plugin tambahannya sudah banyak yang disediakan oleh aplikasi ini. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga terdapat fitur yang sudah terintegerasi dengan Git dan fitur debugging. Aplikasi ini akan sangat membantu jika kalian akan mengerjakan sebuah project yang besar.
Sebanding dengan kelengkapan fitur yang ditawarkan, Visual Studio Code memerlukan perangkat yang memiliki resource besar untuk menjalankannya. Oleh kerena itu, komputer dengan spesifikasi rendah kurang cocok untuk menjalankan aplikasi ini.

Tips Memilih Text Editor Yang Tepat

Masih bingung mau milih text editor yang mana?
Sebenarnya semua text editor di atas sangat menjadi rekomendasi untuk pemrograman web. Namun, kalian tidak bisa menggunakan semua aplikasi text editor di atas.
Kenapa?
Untuk bisa fokus belajar pemprograman web, kalian harus memilih dan fokus pada satu aplikasi text editor. Hal tersebut dikarenakan, jika kalian sering berganti-ganti text editor, ditakutkan akan mengganggu waktu kalian dalam belajar karena harus mempelajari dan menyesuaikan diri dengan fitur-fitur yang ada di aplikasi tersebut.
Berikut ini adalah beberapa tips dalam memilih aplikasi text editor untuk pemrograman web.
  1. Perhatikan spesifikasi komputer atau laptop kalian. Jika laptop atau komputer kalian memiliki spesifikasi yang rendah, dianjurkan untuk menggunakan Notepad++ atau Sublime Text 3. Sebaliknya, jika komputer atau laptop kalian memiliki spesifikasi yang dirasa sudah cukup, direkomendasikan untuk menggunakan Atom atau Visual Studio Code.
  2. Memilih aplikasi dengan fitur yang sesuai kebutuhan. Dengan begitu, kinerja kalian akan menjadi lebih cepat kerena tidak dibebani dengan fitur-fitur yang tidak digunakan. Namun, jika kebutuhan kalian sangat banyak, aplikasi Atom dan Visual Studio Code bisa jadi pilihan.
  3. Mencoba semua aplikasi lalu pilih satu text editor yang terbaik. Ini adalah cara terakhir jika kalian masih bingung mau menggunakan yang mana. Dengan begitu, kalian akan menemukan kelebihan dan kekurangan di setiap text editor dan akan mudah dalam memutuskan ingin menggunakan text editor yang mana.
Jadi kesimpulannya, kalian harus memiliki sebuah text editor untuk memulai penulisan kode program. Terutama dalam pemrograman web.
Copyright © 2020 Iqnesiazone.com
Klik untuk melihat daftar meteri!