Pengertian & Perbedaan Bit dan Byte dalam Dunia Digital

Istilah bit dan byte cukup sering kita dengar jika kita berkecimpung dalam dunia digital. Namun, beberapa dari kita termasuk orang yang awam mungkin masih bingung mengenai perbedaan, kegunaan, pengertian, maksud, dan hubungan antara bit (b) dan byte (B). Untuk itu, mari kita simak ulasan berikut ini.

Pengertian Bit dan Byte

Pengertian Bit - Bit (Binary Digit) adalah suatu ukuran satuan terkecil dalam sistem komputasi digital yang hanya terdiri dari angka 0 dan 1. Kedua angka itu sering disebut sebagai bilangan biner. Angka 0 menunjukan keadaan sinyal listrik mati dan angkat 1 menunjukan keadaan hidup.

Perlu kalian ketahui, semua data pada komputer seperti data dokumen, video, music, dan data yang lainnya disimpan dalam bentuk 0 dan 1. Hal tersebut dikarenakan komputer hanya dapat mengerti kode 0 dan 1.

Dari sini dapat diambil kesimpulan bahwa data dalam komputer disimpan dan diproses dalam bentuk deretan bit angka 0 dan 1.

Lalu, apa itu byte?

Pengertian Byte - Byte adalah satuan ukuran penyimpanan data digital dalam sebuah komputer yang menampung kumpulan bit-bit data. Byte terdiri atas beberapa kumpulan bit atau kode biner yang mana, 1 byte terdiri dari kumpulan 8 bit data.

Pada awalnya, di Indonesia byte dikenal dengan istilah bita. Namun seiring berjalannya waktu, kebanyakan orang lebih familiar dengan dengan byte.

Hubungan Bit dan Byte dalam Dunia Digital

Dalam dunia digital, satuan bit dan byte tidak hanya digunakan untuk mengukur data yang berada di dalam komputer saja. Satuan ini, juga sering digunakan untuk mengukur satuan trafik data dalam jaringan atau yang biasa disebut dengan bandwidth.

Jadi, apa hubungannya?

Di sini kita akan melihat hubungannya dengan melihat transfer data pada sebuah komputer.

Sebuah data yang akan dikirim pada sebuah komputer diukur dengan satuan byte. Ketikan akan melewati sebuah jaringan, satuan byte ini akan dikirim dengan satuan bit. Bit data ini akan melewati rute-rute tertentu sampai akhirnya menemukan komputer tujuan. Dari sini, komputer tujuan akan menerima bit data tersebut dan kemudian menyimpannya dalam satuan byte.

Perbedaan Bit dan Byte

Bit dan byte merupakan ukuran satuan dalam data digital. Yang membedakannya adalah besar satuan datanya. Seperti penjelasan di atas, 1 byte sama dengan 8 bit.

Bit biasanya dilambangkan dengan (b) sedangkan byte dilambangkan dengan (B). Tujuan dari pembedaan satuan ukur data digital ini bertujuan untuk memudahkan dalam menghitung data digital.

Asumsikan kita memiliki gambar berukuran 3 MB (3.000.000 byte). Jika kita hitung ke dalam satuan bit maka 3.000.000 x 8 = 24 Mb (24.000.000 bit). Artinya, sebuah gambar berukuran 3 MB tersusun atas 24 juta deter angka 0 dan 1.

Dari penjelasan di atas, satuan bit digunakan untuk menghitung data yang bersekala kecil. Sedangkan satuan byte digunakan untuk mempermudah perhitungan data yang memiliki sekala yang cukup besar.

Jangan Mudah Terkecoh dengan Bit dan Byte

Pernahkah kalian berlanggan layanan internet dengan kecepatan 10Mbps atau lebih?

Jika iya, jangan terkecoh dengan angka kecepatan yang ditawarkan. Untuk tidak terkecoh, kita hanya perlu melihat satuannya saja.

Biasanya, para internet provider menuliskan kecepatan bandwidth dengan satuan bit bukan byte. Oleh karena itu, ketika kita menggunakan layanan internet tersebut kita tidak akan mencapai kecepatan yang ditawarkan. Hal tersebut dikarenakan satuan untuk melihat speed internet pada smartphone kalian atau speed download diukur dengan satuan byte. Hal ini telah dijelaskan pada perbedaan bit dan byte.

Kenapa para internet provider tidak menggunakan satuan byte saja?

Pertanyaan yang sangat bagus.

Ada dua kemungkinan para internet provider memilih satuan bit dalam layanannya. Yang pertama dikarenakan satuan bit telah menjadi standar dalam perhitungan transfer data di dalam sebuah jaringan sedangkan byte adalah standar untuk mengelola data di dalam komputer.

Selain itu, satuan bit lebih mendetail daripada menggunakan satuan byte. Jadi, satuan bit lebih mudah untuk digunakan untuk memantau dan menganalisa jaringan yang mereka miliki.

Yang kedua, menggunakan satuan bit merupakan strategi marketing yang sangat cerdas. Mereka menggunakan satuan ini untuk mengecoh para pengguna yang masih awam dengan satuan kecepatan internet. Singkatnya, para provider internet menggiurkan para penggunanya dengan angka yang besar.

Jadi, sudah tahu kan alasannya?

Copyright © 2020 Iqnesiazone.com
Klik untuk melihat daftar meteri!